Jumat, 22 Februari 2008

SANCA PUTIH DAN PENGOBATAN

Persatuan Beladiri SANCA PUTIH dikembangkan dari ilmu beladiri KUNGFU dan dikombinasikan dengan ilmu beladiri SILAT.
SANCA PUTIH sebagai perkumpulan bela diri tentunya mengembangkan teknik beladiri, melalui serangkaian gerakan dan jurus serang-bela. Selain mengembangkan teknik beladiri, SANCA PUTIH juga mengembangkan teknik PERNAPASAN. Teknik pernapasan yang dikembangkan oleh SANCA PUTIH berasal dari pengembangan teknik pernapasan silat dan teknik pernapasan kungfu (yoga).
Teknik pernapasan yang dikembangkan oleh SANCA PUTIH memiliki kegunaan untuk KETAHANAN TUBUH dan PENGOBATAN. Untuk ketahanan tubuh pernapasan dilakukan dengan melakukan gerakan dan latihan sedikitnya 2 kali dalam 1 minggu. untuk pengobatan dilakukan gerakan latihan 2-3 kali dalam 1 minggu. Untuk ketahanan tubuh atau untuk pengobatan teknik pernapasan harus dilakukan secara rutin dan berkala dengan didampingi oleh pelatih terutama untuk pemula.
Teknik pernapasan yang dikembangkan oleh SANCA PUTIH terdiri dari 12 jurus. Dalam setiap melakukan latihan gerakan sedikitnya setiap orang secara rutin melakukan 15 gerakan setiap jurusnya atau minimal 45 detik untuk jurus yang diam.
Teknik pernapasan yang berfungsi untuk pengobatan, diantaranya dapat mengobati penyakit ASMA (sesak napas), bronkhitis, atau penyakit lain terutama yang sumber penyakitnya berasal dari paru-paru.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Kang Herman, sy pernah belajar sanca putih di Ibnu Siena sm Pa Odas. Dan berencana mengembangkan di pondok tempat ana ngajar sekarang di Tangerang. Apakah ada perwakilan di sini untk belajar kembali?

Unknown mengatakan...

Dmna latihan na pak