Minggu, 17 Februari 2008

SEPUTAR SANCA PUTIH TASIKMALAYA

SANCA PUTIH TASIKMALAYA adalah perkumpulan beladiri silat yang berkembang di Tasikmalaya. Walaupun SANCA PUTIH berasal dari aliran Kungfu.
SANCA PUTIH di kembangkan di Tasikmalaya pada mulai tahun 1976, dengan pendiri BAPAK AGUS BAHAR, dan beliau sendiri pernah belajar Kungfu langsung dari negeri Cina dari Saolin. Beliau berasal dari Sukabumi. Murid-murid yang ada pada waktu itu cukup banyak, termasuk diantaranya adalah BAPAK ODAS KARNO DAN BAPAK USEP SAEPULLOH.
Di Tasikmalaya, SANCA PUTIH dikembangkan selanjutnya dikembangkan oleh BAPAK ODAS KARNO DAN BAPAK USEP SAEPULLOH.
Pada awal berdirinya SANCA PUTIH memfokuskan diri pada olahraga beladiri. Tapi saat ini SANCA PUTIH sudah menambah binaannya pada olahraga prestasi khususnya untuk tingkat pelajar (sekolah).
Cabang-cabang Padepokan SANCA PUTIH saat ini berkembang di lingkungan masyarakat dan sekolah. Padepokan SANCA PUTIH tersebut adalah Padepokan Sutisna Senjaya, Padepokan Ibnu Siena, Padepokan Persis Cempaka Warna, Padepokan SMA Pasundan 2 Tsm, Padepokan SMPN 13 Tsm, Padepokan SMN 16 Tsm, Padepokan Nasrul Haq, Padepokan Al Muawanah, Padepokan Al Khoeriyah.
Dari seluruh padepokan yang ada, sampai saat ini sudah bisa berbicara terutama di tingkat pelajar. Pada PORSENI tingkat Kota Tasikmalaya, sejak tahun 2003 sampai tahun 2007 selalu menjadi juara umum. Pada tahun 2006 mewakili Kota Tasikmalaya pada POR antar Pesantren di Garut, Mewakili kota Tasikmalaya pada Kartini CUP di bandung dan meraih juara II, Pada tahun 2007 mewakili kota Tasikmalaya untuk kejuaraan POR SMA di Bandung dan meraih Juara II, masih pada tahun yang sama mewakili Kota Tasikmalaya pada POPWILDA dan mendapat mendali Emas dan Perak dan berhak mewakili Wilayah IV untuk POPDA tingkat Jawa Barat.
Selama ini sanca putih dikelola dan dikembangkan oleh Bapak Odas Karno dan Bapak H. Usep Saepulloh sebagai pembina, Bapak Kol. Mahmud dan Ust. Eman sebagai penasehat, Bapak Herman Suherman, S.Pd.I sebagai Ketua Harian, Dadang Taruna AMd. sebagai sekretaris, dengan Anggota Pelatih adalah : Asep Supriadi, Oban Suhendar,S.Pd, Iwan Kurniawan, S.Pd., Rizal Andrianto, Amas, Uu, Tasmal, dan Elan Suherlan.
SANCA PUTIH TASIKMALAYA selain sebagai olahraga beladiri yang mengkombinasikan teknik beladiri kungfu dan silat, juga mengembangkan teknik pernapasan. Teknik pernapasan tersebut memiliki kegunaan selain untuk ketahanan tubuh, juga untuk penyembuhan berbagai penyakit, diantaranya : asma, bronkhitis, lemah tubuh, tubuh sering sakit, dan penyakit lainnya yang tertentu.

4 komentar:

moedzs mengatakan...

Hidup SANCA PUTIH..... kang abdi kapungkur kantos ngiringan latihan .... kumaha ayeuna rame kang.... abdi kantos latinahn di mangkubumi, ibnu sena, sutsen.....

abdi + AWAL MOEDZAKIR...

dian_oborr mengatakan...

Alhmdllh sanca putih masih tetap eksis sampai saat ini 😇

dian_oborr mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dian_oborr mengatakan...

Alhmdllh sanca putih masih tetap eksis sampai saat ini 😇